Kamis, 05 April 2012

perdagangan internasional merugikan masyarakat

taukah anda definisi dari perdagangan internasional? secara singkat artinya menukar barang atau jasa antar negara. sistem ini telah lama berlaku di indonesia. memang negara atau manusia tidak bisa hidup sendiri, harus memerlukan orang lain namun apa yang kita untungkan dari perdagangan internasional ini? negara memang untung, menambah devisa negara, tapi masyarakat biasa apa yang di terima? ini hanya mendapatkan kerugian.

contohnya saja seperti bbm yang maraknya tengah di perbicangkan oleh masyarakat indonesia sekarang. yang di isukan akan naik. padahal jelas bahan mentahnya dari indonesia, lalu bahan mentah ini di ekspor ke luar negeri dan setelah di olah menjadi bbm. indonesia membeli kembali yang mereka jual itu. terlihat bodoh bukan? mengapa pemerintah tidak berfikir tentang bagaimana cara mengolahnya bukan malah menjualnya begitu saja, kenaikan ini bukan sekarang saja terjadi dulu juga demikian. seharusnya ini bisa di fikir oleh pemerintah.

kenaikan ini sungguh meresahkan masyarakat, tidak terlalu masalah jika ini hanya berpengaruh pada bbm saja tapi tidak, jika bbm naik otomatis apa yang kita beli/kebutuhan kita sehari-hari juga akan naik. ini penyebab dari demo-demo yang dilakukan oleh mahasiswa untuk memperjuangkan bbm tidak naik.
dan seharusnya indonesia lebih menyaring apa-apa yang lebih di petingkan untuk di impor dan jika apa yang masyarakat butuhkan indonesia tidak bisa memproduksinya, indonesia harus memikirkan ini. tidak ada yang tidak bisa jika pemerintah berfikir nasib masyarakatnya.